Highlite News in 2014

Tahun 2014 memuat banyak peristiwa yang terjadi sepanjang tahun, berikut beberapa highlite berita yang saya kumpulkan.


Januari

Hujan yang mengguyur Jakarta membuat sejumlah titik di wilayah Ibukota tergenang air. Tahun lalu banjir terjadi di 307 titik di Jabodetabek, akibat semakin sempitnya sungai, saluran irigasi, dan sampah belum teratasi. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mencatat korban tewas akibat banjir di Jakarta 23 orang, terbanyak berada di Jakarta Timur. Sementara itu, jumlah pengungsi mencapai sebanyak 38ribu jiwa.


Februari

Flappy Bird, game mobile fenomenal yang digemari banyak orang akhirnya resmi ditarik dari peredaran per tanggal pada awal Februari 2014. Keputusan ini diambil sang pencipta game, Dong Nguyen karena ia tidak sanggup lagi menghadapi sorotan media dan kesuksesan instan Flappy Bird.


Maret

Malaysia Airline MH370 yang membawa 239 penumpang dilaporkan hilang dalam penerbangan dari Kuala Lumpur ke Beijing. Semua upaya dikerahkan untuk menemukan pesawat Malaysia airlines ini, tapi tidak menghasilkan apa-apa dan membuat keluarga awak dan penumpang putus asa. Malaysia airlines pun menjadi penelusuran global tertinggi ke-9 tahun ini.


April

Indonesia dihebohkan dengan kasus kekerasan seksual yang menimpa siswa Taman Kanak-kanan Jakarta International School (JIS) yang baru berusia 5 tahun. Pengadilan telah menjatuhkan vonis terhadap lima petugas kebersihan di sekolah tersebut dan masing-masing dari terdakwa divonis hukuman delapan dan tujuh tahun penjara. Keluarga korban pun melayangkan gugatan perdata sebesar 125 juta dollar terhadap JIS.


Mei

Kisah pilu kasus sodomi anak di tanah air terus menguak. Di Sukabumi polisi menahan tersangka pelaku kekerasan seksual anak dibawah, Andri Sobari alias Emon. Bukti menunjukkan bahwa emon telah melakukan hal tercela tersebut pada lebih dari 100 anak. Kini pelaku dijatuhi vonis 17 tahun penjara dan denda Rp 200 juta oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Sukabumi.


Juni

turnamen sepak bola internasional, FIFA World Cup ke-20 diadakan di Brasil, dengan jumlah peserta sebanyak 32 tim. Dan yang keluar sebagi pemenang adalah tim ‘panser’ Jerman, yang kini telah mengoleksi 4 piala world cup.


Juli

Pilpres 2014 dilaksanakan untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden Indonesia untuk masa bakti 2014-2019. Pemilihan umum ini akhirnya dimenangi oleh pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla dengan memperoleh suara sebesar 53,15%, mengalahkan pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa yang memperoleh suara sebesar 46,85% sesuai dengan keputusan KPU RI pada 22 Juli 2014. Presiden dan Wakil Presiden terpilih dilantik pada tanggal 20 Oktober 2014


Agustus

Media sosial kebanjiran hebohnya ice bucket challenge, yaitu sebuah gerakan amal yang bertujuan mengumpulkan dana untuk biaya penelitian dan riset untuk menemukan obat penyakit ALS atau Amyotrophic Lateral Sclerosis. Kampanye ini kemudian menjangkit ke para seleb Hollywood dan hingga kini, tercatat sudah lebih dari 2 juta video yang diunggah dengan hashtag  #IceBucketChallenge. Dan jumlah donasi yang dikumpulkan pun sudah mencapai lebih dari Rp 200 miliar!


September

Produsen gadget mutakhir Apple merilis iPhone 6 di bulan September. Peluncuran iPhone 6 mendapat respon yang luar biasa dari pecinta gadget, para penggemar iPhone rela antri berjam-jam untuk mendapatkan produk ini. Sebagai kejutan tambahan, Apple juga bekerjasama dengan band rock legendaris U2, dimana U2 menggratiskan album terbaru mereka berjudul Songs of Innocence kepada seluruh pemilik Apple.


Oktober

Pernikahan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina menjadi momen fenomenal di dunia entertainment Indonesia. Pernikahan tersebut disebut sebagai pernikahan termegah di Indonesia tahun ini, serta disaksikan jutaan pasang mata dan diliput live di stasiun tivi nasional. Kabarnya biaya pernikahan Raffi dan Nagita menghabiskan mencapai belasan miliar rupiah. Moga langgeng ya.


November

Setelah banyaknya protes dari segelintir kelompok, akhirnya Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dilantik menjadi gubernur DKI untuk masa jabatan hingga 2017. Pelantikan tersebut langsung dilakukan oleh Pak Presiden Joko Widodo di Istana Negara. Selain itu, di bulan November pemerintah juga menetapkan kenaikan harga BBM sebesar 2000 rupiah.



Desember

Jelang akhir tahun 2014 Indonesia berduka. Antara lain musibah tanah longsor di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, menelan ratusan korban jiwa. Pusat perdagangan tekstil dan batik, Pasar Klewer Solo mengalami kebakaran, ribuan kios di pasar Klewer terlalap api, dan kerugian diduga mencapai trilyunan rupiah. Kemudian insiden jatuhnya pesawat Air Asia QZ8501 menyita banyak perhatian masyarakat. 


Komentar