Sepucuk Surat Inspirasi

Horee dapet surat!! Senangnya dapet sepucuk surat dari sahabat.
Berhubung sekarang zaman udah semakin canggih, berkirim surat lewat pos itu konvensional banget, malah kesannya jadul. Walaupun jadul, tapi kirim surat lewat pos belum ditinggalkan.

Hari Jumat lalu (21/6/2013), saya dapet kiriman surat loh dari adik-adik di Tulang Bawang, Lampung. Mereka adalah anak-anak SD asuhan guru Indonesia Mengajar. Para pengajar muda di daerah-daerah terpencil sana membuat suatu program namanya "sepucuk surat inspirasi". Saya dapet info ini dari teman yang menjadi pengajar muda.

Pas dapet info ini saya jadi pengen banget berkirim surat sama anak-anak disana. Menurut infonya kita boleh menceritakan apa saja, misalnya tentang profesi dan bagaimana kita bisa mendapatkan profesi tersebut. Atau tentang aktivitas serta cita-cita kita. Trus kita juga bisa saling berkirim surat, macam sahabat pena gitu. Wiihh, dari kecil gue emang pengen punya sahabat pena, tapi belum pernah kesampaian.

Tapi kemudian bingung, apa yang mau saya tulis. Hidup saya, (I think) ga punya banyak cerita inspiratif (Belum!). Setelah mikir beberapa hari -duhh lemot- akhirnya saya memutuskan untuk bercerita tentang daerah tempat tingal saya, kuliah, dan cita-cita saya.
Taraaa! Setelah 3 hari 3 malam mengonsep, akhirnya jadilah surat tersebut. Yang jadi baru konsepnya aja loh, belum ditulis ke sepucuk kertas. Btw, yg saya agak nyesel disini nih. Surat saya yang udah 3 malem dipikirin cuma disalin ke selembar kertas A4 70 gram polos dengan tulisan tangan yang acak-acakan dan ga bermargin. Yaa begitulah, surat saya berbentuk kaya bungkus gorengan dan ga ada seni nya sama sekali.
Langsung lah surat itu saya bawa ke kantor pos dan saya kirim ke Lampung. Menurut penuturan bapak posnya, butuh waktu minimal 4 hari untuk surat sampai kesana.
Seperti inilah surat yang saya bikin:
Beginilah kenampakan surat saya, ternyata dipajang di tembok kelas mereka.

Selama masa penantian itu saya sempet googlig tentang "sepucuk surat inspiasi" ini. Dan ternyata hasil googling itu bikin gue merasa tambah bersalah, karena udah ngirimin surat yang amburadul gitu ke adik-adik disana. If you a type of someone who judge a book by its cover, lo pasti udah ngebuang surat gue sebelum dibaca. Bentuknya aja ga inspiratif, dan kalo dibandingin sama surat yang lainnya punya gue emang lusuh banget. Huhuhuu.. Tapi saya juga terharu karena surat yang saya kirim dipajang di kelas mereka

Tanpa bermaksud membela diri, waktu itu saya emang lagi deadline kerjaan. Lagi banyak tulisan lain yg dikerjain, eh surat buat adik-adik jadi ala kadarnya. Maaf ya adik-adik kalian dapat surat yang jelek begitu bentuknya. Semoga kalian menilai baik ceritanya. Saya nulisnya dengan sejujur-jujurnya loh. *wink.
Saya janji suer, surat berikutnya yang saya kirim akan lebih baik dan lebih niat lagi ngerjainnya.

Beberapa minggu setelah saya kirim surat, saya dapet balasan loh dari adik-adik Tulang Bawang. Ini dia suratnya:
Suratnya bagus yaa, digambar dan ditulis pake spidol warna-warni. Saya ngerasa terharu banget karena mereka lebih niat n lebih bagus bikin surat balasannya. padahal surat yang saya kirim.... *aihh ga usah dibilang lagi*

Lucu yaa ada gambar angry bird nya,  trus juga ada gambar love-love nya, n potongan gambar dari kertas kado.. hohoohoo..

Ada 12 surat yang saya terima dari anak-anak disana, mereka semua kelas 5 SD.


Terimakasih yaa adik-adik. Mereka ber-12 adalah:
Gatot Purwanto
Puput Pujiati
Anggi Pratama
Serli Utami Putri
Nuraini
Ariana Putra
Wahyu Andriansah
Wahyu Saputra
Ivan Saputra
Ela Indriati
Anggi Saputra
Irul

Serta speciaaaal thaks untuk bu guru Monica.

Komentar