Darius Sinathrya - Profil Papa Paling Keren (Januari 2015)

Beberapa hari yang lalu saya mendapat kesempatan mengajak Darius Sinathrya ngobrol di radio (106,6 fm Jakarta) mengenai keseruannya mengurus anak. Papa yang satu ini sudah dikaruniai 3 anak, and guess what? Usianya masih 29 tahun. Masih mudaaa! Saya salut, karena di usianya yang masih muda ia berani membentuk keluarga yang membutuhkan tanggung jawab penuh.

Darius Sinathrya dan Lala Tangkudung saat siaran acara Profil Papa Paling Keren (P3K) 14/01/2015

Makin banyak orang-orang kreatif yang memnuhi sosial media, yang baru-baru ini jadi trend adalah singkatan istilah seperti Macan Ternak (mama cantik anter anak), Iis Dahlia (ibu-ibu seger dandanan belia), Cita Citata (cici tajir cantik tinggi ada tattonya), dll… tapi yang jadi favorit saya adalah istilah Panggang Sepan alias papa ganteng seksi dan mapan. Di dunia nyata panggang sepan pasti jumlahnya terbatas dan banyak fansnya. Dan menurut saya Darius Sinathrya memenuhi kriteria buat dapat julukan panggang sepan. Setuju?! Terlebih karena dia ga cuma ganteng, seksi, dan mapan, tapi juga sayang dengan istri dan ketiga buah hatinya.

Kebahagiaan bagi setiap orang memang berbeda maknanya, dan bagi saya mampu berkomitmen padahal usia masih muda itu keren. Darius Sinathrya dan istrinya Donna Agnesia telah diberkahi dua anak laki-laki dan seorang anak perempuan yaitu Lionel (7 th), Diego (5 th), dan Sabrina (3 th). Pria yang satu ini terjun di berbagai lini dunia entertainment mulai dari presenter, modeling, seni peran, bintang iklan, sampai musik. Selain itu ia juga merambah dunia bisnis seperti membuat label rekaman, mendirikan event organizer, dan bekerja sama mengelola restoran. Ketika ditanya apa yang membuatnya berminat bekerja di berbagai bidang, jawabannya simple, “maklum namanya juga bapak 3 anak jadi butuh sidejob banyak”, ucapnya sambil tertawa.


Pria penggemar klub sepakbola Barcelona ini mengaku tidak pernah kesulitan dalam mengasuh anak, walaupun saat pertama kali menimang anak pertama usianya baru 22 tahun. Hal itu karena ia dan keluarganya terbiasa hidup bersama banyak anak kecil, ia juga merasa bersyukur memiliki pasangan yang memiliki peran luar biasa sebagai ibu yang selalu total mencurahkan perhatian untuk buah hati. Berbicara tentang peran di rumah, Darius bercerita bahwa ialah yang sering berlaku sebagai penegak peraturan dan disiplin. Peraturan yang ia ajarkan untuk anak dari yang paling sederhana, seperti memberi tahu mana yang benar atau salah, serta yang boleh atau tidak. Kepada kedua anak laki-lakinya ia juga selalu menanamkan bahwa lelaki harus punya 5 prinsip, yaitu disiplin, jujur, bertanggung jawab, hormat, dan berani. Ia tahu kualitas moral adalah bekal berharga yang dapat dibentuk sejak masa kanak-kanak.

Soal repotnya mengurus anak, papa kelahiran Swiss ini juga ikut ambil bagian. Sesekali ia masuk ke dapur dan masak untuk anak, beberapa makanan yang biasa ia bikin misalnya nasi goreng, burger, spaghetti, mie godok, dan sate ayam. Yummy! Lumayan yah bapak yang satu bisa masak macem-macem. Menurutnya yang penting adalah anak-anak selalu diajarkan untuk mengonsumsi makanan sehat dan tidak sering-sering makan junk food serta cemilan dengan gula tinggi seperti cokelat dan permen. Makanan rumahan tetap yang paling baik. Tapi yang lucu soal makanan, ketiga anaknya adalah picky eater, terutama anak keduanya Diego. “Kalau Lionel dan Sabrina masih doyan makan apa saja termasuk western food, tapi Diego bener-bener cuma suka masakan Jawa,” jelas Darius yang menyebutkan anak keduanya ini paling suka makan teri kacang dan tempe orek.
“Waktu hamil Lionel dan Sabrina, gue sama Donna sempat jalan keluar negeri, jadi mungkin seleranya kebawa internasional. Nah, waktu hamil Diego, Donna jalan-jalannya ke Bali, Semarang, dan Jogja karena gue sedang syuting film Merah Putih. Mungkin itu yang bikin selera Diego jadi Indonesia banget,” ucap pria yang pernah menjabat manager tim futsal nasional ini.

Selain menghabiskan waktu bersama anak menurutnya quality time bersama istri juga harus ada, meskipun banyak pekerjaan dan sudah punya 3 anak. Pentingnya menikmati waktu berdua dengan istri akan membuat mereka jadi orang tua yang kompak, selain membuat mereka jadi tambah mesra. Secara terus-menerus, mereka pun sedang sedang berproses untuk menjadi orang tua yang baik bagi anak-anak mereka. 

Sebagai orang yang bekerja di bidang entertain, sudah tentu Darius sering muncul di tivi maupun layar lebar. Komentar lucu dan pertanyaan menarik seputar pekerjaanya juga sering terlontar dari anak, dan bagaimana tanggapan anak-anaknya saat menonton film atau mendengar musik karya ayah mereka? Darius mengaku bahwa anaknya adalah fans terbesarnya, apalagi kalau soal musik yang ia ciptakan, "setiap hari saat anak-anak berangkat atau pulang sekolah, pas di mobil, mereka pasti nyetel CD The Bandhits". 
Kalau soal film, belum semua karyanya ia perlihatkan ke anak. Hanya film-film tertentu saja yang cocok untuk ditonton anak-anak, seperti film Merah Putih atau Kacaunya Dunia Persilatan.


Komentar